Sunday, June 05, 2011

Berlian Mahal, Batu Safir Semakin Bersinar


TREN KONSUMSI BATU MULIA
oleh Christine Novita Nababan
www.kontan.co.id





NEW YORK. Berlian adalah abadi. Tapi, seiring kenaikan harga berlian, para penggemarnya mulai "selingkuh". Para pasangan pengantin kini mulai memilih beragam pilihan batu cantik yang lebih miring harganya. Sebut saja batu safir, rubi, dan zamrud yang tidak kalah indah dibandingkan dengan berlian.

Contohnya Sarah De Remer, seorang teknisi medis dari Broadway, New Jersey, yang melangsungkan pertunangannya bulan lalu dengan cincin safir yang dirancang bersama tunangannya. "Saya suka tampil menonjol. Jadi, kami memilih sesuatu yang berbeda," kata Sarah.


Tren batu berwarna dipelopori kombinasi berlian-rubi milik pelantun lagu I Wanna Love You Forever, Jessica Simpson. Terakhir adalah berlian safir Kate Middleton yang menikah dengan Pangeran William.


Selain harga dan tren, faktor lain yang menyebabkan orang mencari alternatif berlian adalah karena batu mulia itu mendapat julukan buruk: blood diamond. Ia dipakai untuk membiayai perang saudara di Afrika.


Andrew Schloss, Direktur Reinstein Ross di New York mengakui, safir kini kian populer. Pemegang merek perhiasan Tiffany & Co ini telah menjual safir lebih dari 170 tahun. "Sekarang ini memang sangat populer menggunakan batu mulia berwarna," terang Schloss.


Menurut Heather Levine, Senior Editor Fashion TheKnot.com, safir merah jambu adalah warna yang paling populer saat ini. Dulu, Jennifer Lopez, penyanyi dan aktris, menggunakan batu safir berwarna merah jambu saat bertunangan dengan mantan kekasihnya Ben Affleck pada 2002 lalu. "Pilihan ini memberi rasa nyaman kepada pengantin," kata Levine.


Berdasarkan Wedding Report Inc, warga Amerika Serikat menghabiskan US$ 6,12 miliar untuk membeli 4.365 cincin pertunangan dari berlian sepanjang tahun lalu. Belanja itu itu turun 31% ketimbang 2009. "Ketika resesi 2008, banyak pasangan menyadari apa yang mereka sejatinya sanggup mereka beli," terang Shane Mc Murray, pengelola laporan pernikahan Tucson, Arizona.


Maklum, harga satu karat berlian berkualitas bisa mencapai US$ 11.000. Dengan ukuran yang sama, rubi bisa diperoleh seharga US$ 4.000, batu safir biru US$ 1.600-US$ 2.000, dan zamrud di kisaran US$ 8.000.


John Watkins, seorang perajin emas di California menambahkan, rubi dan safir terbuat dari korundum dan mineral yang sama dengan berlian. Skala Mohs, pengukur kekerasan mineral dari 1 sampai 10, menyebutkan, korundum rubi dan safir berada di peringkat 9, sedangkan berlian ada di urutan ke-10.


Sejak De Beers memperkenalkan slogan Diamond are Forever pada tahun 1948, batu-batu berharga menjadi pilihan utama cincin pertunangan para pasangan di dunia.


Sumber :
http://internasional.kontan.co.id/v2/read/1307173123/69321/Berlian-mahal-batu-safir-semakin-bersinar


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites